Jokowi Resmikan bendungan Tukul di Pacitan

Pacitan, warajatim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tukul di Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Minggu (14/2/2021). Jokowi tiba di kota kelahiran SBY itu sekitar pukul 11.45 WIB.

Peresmian bendungan yang menelan biaya Rp 916 M dana dari APBN murni itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Jokowi mengatakan bahwa bendungan Tukul mulai dibangun 6 tahun lalu. Hal itu bersamaan dengan 65 bendungan lain di Indonesia.

“Sebut saja bendungan Tanju di NTB, bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, bendungan Gondang di Jawa Tengah, ” ujar Jokowi dalam sambutannya

Dia menjelaskan bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jatim mempunyai peran penting. Baik itu mengatasi banjir maupun mengairi sawah dan menyediakan air bersih..

“Nanti air yang dihasilkan ada 300 liter per detik. Tentu itu untuk kepentingan warganya Bupati Pacitan. Dengan kapasitas tampung 8.7 meter kubik, ” jelasnya. .

Nantinya bisa dimanfaatkan petani. Dia mengklaim jika biasanya hanya Satu kali musim tanam padi dan satu kali tanam palawija

“Sekarang bisa untuk dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija, ” beber Jokowi

Jokowi juga berharap Bendungan Tukul yang dibangun sejak tahun 2015 itu dapat menjadi infrastruktur penting dalam memperkuat ketahanan pangan dan ketahanan air.

Ia meminta Pemprov Jawa Timur dan Pemkab Pacitan memanfaatkan Bendungan Tukul dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *