Kolaborasi Dengan Bonek, Abdimas Unesa Gelar Pelatihan Jurnalistik.

Kolaborasi Dengan Bonek, Abdimas Unesa Gelar Pelatihan Jurnalistik.

Surabaya – Optimasi peran suporter Bonek pada media massa, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Surabaya (Abdimas Surabaya) gelar Klinik Penulisan Jurnalistik, bertempat di Café Kayoon Herritage, Surabaya.

Rojul Nugroho, Pelaksana Abdimas Unesa menjelaskan, di Indonesia banyak komunitas suporter sepak bola, di antaranya adalah pendukung klub legendaris Persebaya Surabaya yang bernama bonek.

Dalam satu dekade ini, lanjutnya, bonek telah bertransformasi menjadi suporter yang semakin kreatif dan memiliki kepedulian terhadap problem sosial. Namun demikian, tidak banyak media massa yang memberitakan sisi positif tersebut.

“Oleh karena itu, dalam rangka mendukung transformasi tersebut, pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Surabaya (Abdimas Unesa) bermitra dengan Bonek Writer Forum (BWF) menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk “Klinik Penulisan Artikel Jurnalistik Persebaya Kepada Bonek” secara online dan offline,” katanya.

Rojil berharap, dengan digelarnya Klinik Penulisan Jurnalistik ini dapat memberikan pemahaman dan juga meningkatkan kemampuan suporter dalam hal tulis menulis.

Menurut Rojil, Bonek memiliki potensi besar dapat menulis artikel jurnalistik yang edukatif dan berdampak pada peningkatan literasi suporter maupun masyarakat umum tentang Persebaya, sepak bola dan dunia suporter.

“Abdimas klinik penulisan artikel jurnalistik ini akan diusahakan terus dilaksanakan oleh Universitas Negeri Surabaya karena kampus memiliki tanggug jawab sosial dan moral untuk memberdayakan komunitas dan salah satunya bisa tertuju pada komunitas suporter sepak bola,” tutur Rojil.

Materi klinik jurnalistik ini meliputi bagaimana menulis berita yang memuat 5W+1H (What, Who, Where, When, Why dan How), membuat pers rilis dan proses editing atau penyuntingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *