Cara Memotivasi Anak agar Semangat Belajar

Cara Memotivasi Anak agar Semangat Belajar

Hallo sobat warajatim – Jika kita melihat anak yang rajin belajar, tentu menyenangkan sekal, bukan? Hal ini akan mengingatkan kita, sebagai orang tua pada perjuangan Indonesia bahwa mereka adalah penerus bangsa. Lain lagi dengan anak yang malas belajar. Hal ini akan menyebabkan mereka miskin literasi sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya.

Nah! Sebenarnya untuk membuat siapa pun rajin belajar itu tidaklah sulit. Tinggal tentukan apa yang dicita-citakan, kemudian lakukan perjuangan. Salah satu perjuangan untuk menembus cita-cita bagi para pelajar itu apa? Ya dengan cara belajar. Buat bunda yang tengah galau kenapa anaknya malas belajar, jangan risau.
Artikel berikut ini sangat cocok bunda pelajari cara memotivasi anak agar rajin belajar.

1) Tumbuhkan Gemar Membaca Sejak Kecil 

Mengenalkan buku kepada anak memanglah penting, bund. Untuk era modern seperti saat ini, kebanyakan anak cenderung memegang gadget ketimbang buku bacaan. Terlebih apabila gadget tersebut lebih menarik daripada tulisan di buku. Maka jadilah anak lebih gemar menghadap ponsel ketimbang buku.
Maka dari itu, mengenalkannya pada buku bacaan sangatlah baik. Paling tidak setiap hari harus ada buku yang bisa dibaca oleh anak. Kebiasaan membaca buku inilah lama-kelamaan akan menumbuhkan semangat belajar sehingga anak senang membaca buku, termasuk buku pelajaran.

2) Support Anak

Ketika anak sedang malas belajar memang kerap kali membuat bunda gemas. Namun, jangan terpancing ya. Anak akan mematuhi orang yang baik padanya, termasuk bunda. Coba beri ia semangat, atau janjikan sebuah hadiah. Seperti misalnya jika anak mau belajar maka bunda akan menghadiahkannya jajan. Pasti anak akan jadi semangat.

3) Belajar dari Apapun

Bunda, belajar memang tidak melulu dari buku, kan? Meski anak anda tengah enggan menjamah buku, dalam praktik kegiatan sehari-hari bunda visa mengambil kesempatan itu. Seperti halnya saat sedang memasak ia membantu, bunda bisa kenalkan bagaimana mengupas bawang atau mencuci beras yang bersih.

4) Menemukan Sesuatu yang Baru

Tahukah bunda bahwa sesuatu hal yang belum pernah dialami oleh anak sering kali membuatnya penasaran? Hal demikian membuat rasa ingin tahunya tinggi, sehingga mereka akan mempelajari hal baru itu. Dengan bermain sambil belajar apa lagi hal baru, anak akan merasa sesuatu yang unik dan berbeda.

5) Mengajak Anak Untuk Berolahraga

Sesekali bunda ajaklah anaknya untuk olahraga bersama. Dengan adanya aktivitas fisik yang mengutamakan motorik kasar akan membuat si kecil terpacu dan bersemangat. Sehingga proses belajar nantinya pun tidak malas.

6) Memberikan Apresiasi

Merayakan keberhasilan sekecil apapun merupakan peran penting bagi si kecil. Selain ia merasa bahwa kegiatannya dihargai, ia juga merasakan motivasi kembali untuk meraih yang lebih, kelak.

7) Pedulikan Anak 

Bunda sesekali perlu menanyakan aktivitas anak di sekolahnya. Tentang bagaimana pelajaran yang ada di sekolahan, tentang bagaimana perasaan mereka melalui kegiatan belajar di sekolah pada hari ini, juga bagaimana pekerjaan yang diberikan oleh guru pada hari ini. Dengan demikian mereka akan cerita seluruh perasaannya.

Bilamana bunda merasa ada hal yang membuat si kecil sedih dan murung, inilah saatnya bunda turut andil. Memberikannya motivasi dan memberikannya semangat. Nasihati mereka dengan baik dan pelan-pelan. Berikan beberapa pengertian kepada mereka apabila ada beberapa hal yang bersimpangan.

Nah! Bunda, itulah beberapa cara memberikan motivasi belajar kepada anak kita di rumah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *