Melalui BUMDES, Pemerintah Desa Pagerwojo Gelar Pelatihan Hewan Ternak Bagi Karangtaruna.

Melalui BUMDES, Pemerintah Desa Pagerwojo Gelar Pelatihan Hewan Ternak Bagi Karangtaruna.

Blitar – Pemerintah Desa Pagerwojo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar menggelar pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan melibatkan SDM Karangtaruna sebagai peserta, pada agenda itu mereka belajar tentang pemeliharaan hewan ternak kambing.

Direktur BUMDES Panggung Lestari, Bagus Dwi Kurniawan mengatakan, pelatihan pemeliharaan hewan ternak jenis kambing ini merupakan bagian dari program kerja Desa Pagerwojo untuk meng-upgrade soft skill dari pemuda desa secara umum, dan khususnya karangtaruna.

“Desa memfasilitasi karangtaruna agar memiliki kegiatan yang produktif dan positif,” katanya saat ditemui setelah pelatihan usai, Rabu (16/11/2022).

Sebanyak puluhan pemuda yang tergabung dalam karangtaruna mengikuti agenda pelatihan tersebut, dilanjutkan oleh Bagus, ia menyebut jika pelatihan hari ini dilaksanakan dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Nantinya, Pemerintah Desa melalui BUMDES akan memantau perkembangan usaha atau hasil yang diperoleh seusai pelatihan hari ini digelar. Jika dirasa telah berjalan sesuai dengan rencana maka BUMDES akan mengembangkan usaha serupa ke karangtaruna yang ada di tingkat dusun.

“Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan juga untuk mevotiasi para pemuda, selain memang menambah relasi dan pengetahuan,” tambah Bagus.

Kemudian sebagai tindak lanjut, ia menjelaskan jika penggunaan dana desa didalam program BUMDES ini akan selalu diawasi dan dikawal agar efisien dan tepat pada sasaran, melalui struktural yang sudah terbentuk serta disiplin administrasi organisasi.

Penulis: RBEditor: Dian Hadi Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *