Ziarah Ke MBK, Khofifah Sampaikan Siap Dukung Kota Blitar Jalani Uji Coba New Normal

Kota Blitar, warajatim.com- Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur (Jatim) ke – 76, Gubernur Jatim, Khofifah Indah Parawansa berziarah ke Makam Proklamator Ir. Soekarno di Kota Blitar, Senin (11/10/2021). Pada kesempatan itu, ia menyampaikan jika akan mendukung setiap langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar yang saat ini telah menjadi daerah percobaan new normal se Jawa-Bali oleh Pemerintah Pusat.

Terlihat, dalam agenda Ziarah itu, Khofifah didampingi oleh Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, Walikota Blitar, Santoso, Bupati Blitar, Rini Syarifah dan segenap jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten serta Kota Blitar.

“Saat ini, 32 dari total 38 Kabupaten dan Kota yang ada di Jatim telah masuk di Level 1 PPKM. Serta Case Fatallity Rate atau angka kematian disebabkan Covid-19 per 10 Oktober 2021 kemarin hanya berjumlah 3 orang,” ujar Khofifah setalah usai berziarah ke Makam Bung Karno.

Lanjut ia, sementara enam daerah sisanya masuk ke Level 2 PPKM. Data tersebut menurut Khofifah sesuai dengan hasil assesmen Situasi Covid-19 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Assesmen level dari Kemenkes itu merupakan standar WHO dalam memonitor penyebaran Covid-19, berdasarkan 6 indikator, beberapa diantaranya kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, kematian dan 3T (testing, tracing, dan treatment) yang dilakukan secara masif,” tutur orang nomor satu di Jatim itu.

Sedangkan asesmen level PPKM yang berdasarkan Inmendagri No 47 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali, pada poin 2 menginstruksikan penetapan level wilayah ditambah dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 2 lansia di atas 60 tahun dari target vaksin di setiap wilayah aglomerasi.

Atas prestasi itu, Khofifah berharap angka kematian yang disebabkan Covid-19 akan terus melandai bahkan sampai di angka nol. Untuk mencapai itu, ia menuturkan jika pentingnya sinergitas antara semua pihak termasuk rekan-rekan media.

“Ini artinya kerja keras dan sinergitas sudah on the right track, maka ketika berada di Kota Blitar Bumi Bung Karno yang oleh pemerintah pusat dijadikan uji coba penerapan PPKM Level 1 se Jawa-Bali ini, harus didukung dengan tetap menjaga Prokes dan percepatan vaksinasi, serta berharap kabupaten/kota lain bisa mengikuti jejak Kota Blitar yang sudah dijadikan uji coba PPKM Level 1,” tandas Khofifah.

Ditambahkannya, dengan adanya pelandaian Covid-19, harus diikuti dengan menggenjot pergerakan perekonomian daerah. Namun tetap harus diperhatikan penerapan Prokes dan perkembangan vaksinasi di daerah, artinya jangan sampai fokus untuk membenahi ekonomi masyarakat membuat status Zona Covid-19 di Kota Blitar kembali naik.

Setelah ziarah ke Makam Bung Karno, Khofifah dan rombongan langsung menuju ke Balai Kota Kusumo Wicitro Kota Blitar untuk melaksanakan rapat koordinasi Satgas Covid,-19 Provinsi Jatim dalam Rangka Penerapan Uji Coba PPKM Level 1 New Normal di Kota Blitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *