Buka Musrenbang RPJMD, Rini Syarifah Sebut 3 Point Penyempurnaan Pembangunan

Buka Musrenbang RPJMD, Rini Syarifah Sebut 3 Point Penyempurnaan Pembangunan
Rini Syarifah, Bupati Blitar

Blitar, warajatim.com – Rini Syarifah, Bupati Blitar membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Blitar, bertempat di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro, Rabu (16/06).

Acara tersebut, dihadiri oleh segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan perwakilan tokoh agama serta tokoh masyarakat daerah Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya, Rini Syarifah menyampaikan rasa syukur atas telah sampainya proses penyusunan RPJMD tahun 2021-2026 pada tahap ke enam yakni Musrenbang RPJMD. Ia menyebutkan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan beberapa tahapan.

“Mulai dari penyusunan rancangan awal, konsultasi publik, kesepakatan awal RPJMD bersama DPRD, konsultasi ranwal provinsi, penyusunan ranwal sesuai hasil konsultasi provinsi, dan saat ini sampai pada Musrenbang RPJMD,” katanya.

Menurut Rini, Musrenbang RPJMD ini memiliki tujuan yaitu untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, serta arah kebijakan dan program pembangunan daerah.

Lanjutnya, ia bersyukur sebab dari beberapa tahapan yang telah dilalui sebelumnya tidak merubah secara subtansial rancangan awal RPJMD yang dibuat oleh pihaknya.

“Adanya tahapan-tahapan yang saya sebutkan diatas, justru menguatkan daripada rancangan pembangunan yang telah kita buat sejak awal,” imbuh Rini.

Rini menyebut, penyempurnaan-penyempurnaan itu adalah reformulasi pendanaan, penyempurnaan cascading dan indikator kinerja, serta penyempurnaan strategi, tema dan arah kebijakan.

Ia menilai, untuk dapat mencapai target-target pembangunan Kabupaten Blitar diperlukan pendanaan yang memadai, sementara banyaknya dana transfer yang ada saat ini begitu terbatas sehingga harus ada peningkatan pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kemudian, tentang penyempurnaan cashcading dan indikator kinerja, Rini memaparkan jika hal tersebut akan dilakukan pada masing-masing misi untuk lebih menjamin akuntabilitas pemerintah daerah.

Terakhir, ia menegaskan jika perlu adanya penajaman terkait penetapan tema dan arah kebijakan tahunan Kabupaten Blitar. Salah satunya adalah dengan lebih fokus pada pencapaian misi dan tujuan pembangunan daerah di beberapa bidang, seperti pendidikan dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *