Gresik  

Teladani Para Wali, Ketua Golkar Jatim Sarmuji Ziarah ke Syeikh Maulana Malik Ibrahim dan Habib Abu Bakar

Gresik,  warajatim.com – Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji, di sela-sela menghadiri Rakerda/Rapimda DPD Golkar Gresik menyempatkan ziarah ke makam dua ulama besar yang ada di Gresik yaitu, Syeikh Maulana Malik Ibrahim dan Habib Abu Bakar bin Muhammad Umar Assegaf yang ada di Kompleks Masjid Jami’ Gresik.

Dalam ziarahnya ini Sarmuji ditemani wakil ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak, dan Ketua Fraksi Partai Golkar Kodrat Sunyoto. Rombongan pengurus DPD Golkar Jatim tampak khusu’ membaca yasin dan tahlil yang dipandu oleh penjaga makam.

Sudah sangat mafhum bagi peziarah, Syeikh Maulana Malik Ibrahim adalah satu dari sembilan wali atau yang dikenal dengan wali songo yang memiliki kontribusi besar dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa. Kini makam yang berada di Jalan Malik Ibrahim, Gapuro Sukolio tersebut tidak pernah sepi dari peziarah lokal maupun nasional.

Ditanya mengenai alasan ziarah wali, Sarmuji mengatakan bahwa ia sudah berkunjung ke Gresik yang terkenal dengan kota wali, tidak elok dan sopan jika kiranya tidak ziarah ke makamnya.

“Rasanya tidak elok, saya kalau ke Gresik tidak ziarah ke makam para aulia, seperti ada yang kurang lengkap” ungkap Sarmuji, Sabtu (12/6/2021) siang.

“Kita generasi yang sekarang ini agar tetap konsisten meneladani kebaikan dan semangat beliau (Syekh Maulana Malik Ibrahim) kepada antar sesama. Semoga mendapatkan sawabnya (tertular kebaikan) beliau,” tambah Sarmuji.

Senada dengan Syeikh Maulana Malik Ibrahim, Habib Abu Bakar dikenal merupakan wali quthub dan merupakan kiblat para auliya di zamannya. Sebagai penyambung dan perantara bagi para pembesar dan orang-orang yang disucikan Allah SWt.

Cerita-cerita kewalian Habib Abu Bakar sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakt Gresik terutama mayarakat yang tinggal di sekitaran Masjid Jami’ Gresik. Sarmuji berharap dengan berziarah bisa mengenang kebaikan dan perjuangan para ulama.

“Untuk mencapai maqam Habib Abubakar tidaklah mudah, butuh keikhlasan, keistiqomahan yang panjang dan terus menerus. Kita berziarah sekaligus mengenang segala kebaikan dan perjuangan beliau, sembari berhaap semoga Allah menuntun ke jalan kebaikan sebagaimana yang diberikan kepada Habib Abu Bakar Assegaf” ungkap Ketua IKA Universitas Jember tersebut.

“Yang paling penting bagi Golkar Jawa Timur harus terus menerus menebarkan kebaikan, kalau masyarakat sudah jatuh cinta, insyallah di tahun 2024 masyarakat akan memilih Golkar” pungkas Sarmuji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *