Dua Hari Warga Magetan Melihat Puncak Gunung Lawu Bertopi Awan

Dua Hari Warga Magetan Melihat Puncak Gunung Lawu Bertopi Awan
Ponorogo, warajatim.com – Fenomena alam, Gunung Lawu bertopi awan kembali terjadi. Bahkan dua hari berturut-turut, warga di Kabupaten Magetan melihat fenomena tersebut.
Salah satu warga Magetan, Fery Yoga Saputra  mengaku melihat fenomena puncak Gunung Lawu yang diselimuti kabut membentuk topi awan. “Sudah dua hari ini, ” ujarnya, Jumat (13/8/2021).
Dia mengaku  bisa melihat kabut topi di Atas Gunugn Lawu sekiar pukul 05:30 WIB hingga pukul 08:00 WIB. Dalam 2 hari bentuknya berubah-ubah.
Sementara Rara warga Magetan yang berprofesi sebagai salah satu penyiar radio rasi menjelaskan melihat Gunung Lawu berkabut pada pukul 06:00 WIB. “Pas saya mau berangkat ke kantor, ” terangnya.
Karena jarang melihat, kata dia, diabadikan melalui kamera handphone. Kemudian dipasang di status media sosial Facebook.
“Rupanya teman dunia maya nya yang berasal dari Magetan juga memang hal yang sama, ” terang wanita muda ini.
Di sisi lain, Koordnator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, fenomena itu hal yang biasa. Kabut diatas Gunung Lawu yang terjadi 2 hari terakhir merupakan awan lentikularis  yang tumbuh di sekitara gunung atau dataran tinggi.
“Awan-awan ini mengindikasikan adanya Turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat, sehingga berbahaya bagi penerbangan rendah,” katanya.
Teguh  menambahkan, fenomena awan ini secara Meteorologi tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya. “ Fenomena ini jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau waktu- waktu tertentu,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *