Sempat Ditutup, Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

Sempat Ditutup, Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

Magetan, warajatim.com – Sempat ditutup karena over capasitas pemuncak, kini jalur pendakian ke Gunung Lawu melalui pintu Cemoro Sewu Magetan. Hal itu sesuai dengan hasil rapat kordinasi antara Perhutani KPH Lawu, Pemkab dan Polres Magetan menyatakan dibuka mulai tahun baru hijriah 1442 M.

Bupati Magetab, Suprawoto mengaku memutuskan baru dibuka karena ada berbagai alasan. “Sebelum 17 Agustus banyak yang naik. Perkiraannya ini baru turun, ” jelasnya, Kamis (20/8/2020).

Kang Woto sapaan akrab Bupati Magetan mengatakan, meski akan dibuka jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, namun tetap ada pembatasan. Pengunjung juga diwajibkan bermasker dan mentaati peraturan mulai berangkat sampai turun kembali.

Sempat Ditutup, Pendakian Gunung Lawu Dibuka Kembali

“Pembatasan dan pendaki wajib mentaati peraturan. Nanti polisi, TNI dan tim BPBD juga siaga di Cemoro Sewu,” paparnya.

Sementara itu ADM KPH Lawu Asep Dedi Mulyadi, saat di konfirmasi membenarkan jalur pendakian puncak Lawu melalui Cemoro Sewu Magetan dibuka Kamis (20/8/2020). Pembukaan terhitung pukul 07.00 WIB dan akan terjadwal pemberangkatan setiap 20 menit.

“pendakian mulai pagi hari pukul 07.00 WIB. kembali normal dan tetap patuhi protokol COVID-19,” jelas Asep.

Dia menyebutkan bahwa sudah mengatur loket dan registrasi menjadi lima. Kemudian semua calon pendaki ke taman Cemoro Sewu di dalam gerbang.

“Untuk menghindari antrian pemberangkatan kita sekat per 10 sampai 20 menit, ” bebernya

Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana mengimbau kepada para pendaki untuk mematuhi protokol kesehatan. “Kita imbau semua pendaki patui protokol kesehatan. Kita juga akan siagakan personil untuk memantau jalur Cemoro Sewu yang merupakan jalan provinsi penghubung Magetan Jatim dengan Karanganyar Jateng,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *