Langgar SOP, 15 warga Sidoarjo Terpapar Covid-19

Terpapar Covid 19
Terpapar Covid 19

Sidoarjo, warajatim.com – Sebanyak 15 warga Dusun Janti, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, terjangkit Virus Corona atau Covid-19. Gara-garanya para warga ini mengabaikan protokol Covid-19 dengan membuka peti jenazah pasien yang positif setibanya dari rumah sakit.

“Ini ada orang meninggal, meninggal positif. Tapi ada keteledoran dan sebagainya. Seharusnya kalau meninggal positif, maka SOP-nya harus jelas,” kata Plt Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin (Cak Nur) usai penyerahan BLT Dana Desa di Balai Desa Brebek Sidoarjo, Minggu (17/5/2020).

Tindakan warga tersebut, lanjut Cak Nur, tidak benar dan melanggar aturan karena sudah ada SOP terkait penanganan jenazah Covid-19.

“Semua yang memakamkan harus mamakai pakaian hazmat, jumlahnya tidak boleh banyak, lalu kotaknya enggak boleh dibuka,” jelasnya.

Kejadian tersebut sudah dua minggu lalu saat ada warga Dusun Jati yang meninggal dunia akibat Covid-19.

“Saya dapat informasinya terlambat. Tahunya sudah kejadian itu, bahwa akhirnya di rumah lalu peti kotaknya dibuka,” katanya

“Kalau menurut Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) tadi, bukan hanya kotaknya yang dibuka tapi dimandikan juga, saya enggak tahu ya. Tapi yang pasti dibuka,” sambungnya.

Sejak kejadian itu, warga satu dusun sudah dilakukan pemeriksaan. “Sudah banyak sekali, PDP-nya juga banyak, lalu hasilnya yang positif juga 15, satu dusun,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *