Lapas Porong Adakan Ujian Kejar Paket untuk Warga Binaan

Lapas Porong Adakan Ujian Kejar Paket Untuk Warga Binaan
Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Surabaya Hero Sulistyono.

Sidoarjo, warajatim.com – Pendidikan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menjadi salah satu perhatian Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim. Salah satunya adalah WBP di Lapas Kelas I Surabaya yang terletak di Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Sebanyak 30 WBP sedang berusaha lulus Ujiaan Akhir Sekolah (UAS) kejar paket. Mereka berasal dari paket A (setara SD) 4 orang, paket B (setara SMP) 10 orang, dan paket C (setara SMA) 16 orang. Hari ini merpakan hari kedua masa ujian.

Didampingi Kalapas Kelas I Surabaya Tonny Nainggolan, Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Pargiyono menyambangi mereka saat mengerjakan ujian di Aula MD Arifin Lapas Porong.

Berhubung masih dalam Pandemi Covid-19 protokol kesehatan tetap dilakukan seperti mencuci tangannya dengan sabun, mengenakan masker baru, dan duduk dengan cara berjarak.

“Sebelum masuk mereka cuci tangan, menggunakan masker, baru kemudian memasuki aula untuk menempati tempat duduk yang juga ditata dengan memperatikan physical distancing,” ujar Kabid Pembinaan Lapas Kelas I Surabaya Hero Sulistyono.

Pargiyono menuturkan bahwa ini adalah upaya pihaknya untuk memberikan WBP kesempatan memperoleh hak pendidikan. Langkah ini juga termasuk dalam pembinaan selama menjalani masa pidana di Lapas Kelas 1 Surabaya.

“Sehingga ketika nantinya sudah kembali di kehidupan bermasyarakat mereka sudah memiliki ijazah yang bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian untuk paket A dan B mulai tanggal 13 April 2020 sampai dengan 15 April 2020. Dan untuk paket C berakhir tanggal 16 April 2020 dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *