Wayangan Golkar Jatim, Kisah Arjuna Wiwaha dan Airlangga Hartarto

Surabaya, warajatim.com – Golkar Jatim menggelar wayang kulit dengan lakon Arjuna Wiwaha yang dibawakan oleh Dalang Ki Cahyo Kuntadi dari Karanganyar Jawa Tengah, Sabtu (30/10).

Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji bukan tanpa alasan meminta dalang membawakan kisah Arjuna Wiwaha yang ditulis oleh Mpu Kanwa yang mengisahkan Raja Airlangga yang bertempur melawan Raksasa sakti Prabu Niwatakawaca.

“Dalam Kakawin Arjuna Wiwaha yang ditulis Mpu Kanwa tahun 1028-1035 berkisah tentang pertempuran Raja Airlangga melawan musuh negara yaitu Prabu Niwatakawaca. Secara metafora, Mpu Kanwa mengisahkan bahwa perjuangan Raja Airlangga sebagai Kakawin Arjuna Wiwaha. Sedangkan Tokoh Arjuna adalah Sang Raja Airlangga itu sendiri,” Ungkap Sarmuji.

Lebih lanjut Sarmuji menyebutkan bahwa kisah yang terjadi kurang lebih 1000 tahun lalu hampir mirip jika ditarik ke masa kini yakni ditugaskannya Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)

“Secara kebetulan 1000 tahun setelah kisah Arjuna Wiwaha ditulis, ada tokoh bernama Airlangga yang sedang mengemban tugas besar memulihkan kekacauan negara akibat Covid-19. Tentu kami berharap Pak Airlangga dapat menyelesaikan tugas negara ini sebaik-baiknya,” ujar anggota Komisi XI DPR RI tersebut.

Sarmuji berharap bahwa kisah yang ditulis oleh Mpu Kanwa sebagai persembahan kepada Prabu Airlangga akan bisa terulang kembali pada masa kini, yaitu suksesnya Airlangga Hartarto memulihkan Indonesia dari Covid-19.

“Arjuna Wiwaha memang ditulis oleh Mpu Kanwa seribu tahun lalu sebagai persembahan kepada Raja Airlangga dan kami berdoa sejarah itu akan terulang. Bila kisah masa itu diabadikan oleh Mpu Kanwa Insya Allah di era sekarang ini kami yang akan memahatkan sejarahnya,” Pungkas Sarmuji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *