Ini Alat Mengatasi Gejala Covid-19, Masyarakat Bisa Membuatnya

Ini Alat Mengatasi Gejala Covid-19, Masyarakat Bisa Membuatnya

Surabaya, warajatim.com – Sejumlah upaya dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Salah satunya, inovasi alat mengatasi salah satu gejala Covid-19.

Seperti alat yang dikembangkan UPT Pengembangan Teknis Keterampilan Kejuruan (PTKK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim).Alat ini bisa untuk terapi penguapan indera penciuman dan perasa bagi pasien COVID-19.

Saat ini, alat terapi dengan bahan herbal itu masih dalam tahap uji coba. Kepala UPT PTKK Dindik Jatim, Wahyu Suryo Herminoko mengatakan, alat penguapan ini sebenarnya bisa dibuat sendiri oleh masyarakat dengan cara yang sederhana.

“Kita gunakan modifikasi untuk alat terapi ini. Bahan-bahan kita gunakan rempah-rempah jadi masyarakat yang ingin mencoba membuatnya, bisa dengan direbus dirumah sampai menguap, uapnya itu yang nanti bisa dihirup perlahan,” ujarnya.

Adapun bahan rempah yang digunakan, daun minyak kayu putih yang dibuang pucuknya, daun sirih temuros, bunga kenanga, daun cengkeh kering, dan jahe yang diambil kulitnya. Nah, wemua bahan dicampur ke dalam panci yang berisi air, tunggu hingga proses penyulingan dan terapi uap kemudian bisa dihirup secara perlahan.

“Dengan temuan seperti ini, setidaknya bisa untuk menghilangkan kekhawatiran yang berlebih akan COVID-19. Karena gejala awal hilang indra penciuman dan perasa. Mudah-mudahan ini bisa membantu,” katanya.

Lebih lanjut, Narko–sapaan karibnya- menerangkan, terapi penguapan inj bisa dilakukan selama 15 menit dengan jarak 10 cm. Alat terapinya bisa bekerja hingga 5 jam untuk penguapan meski dalam kondisi kompor mati.

Alat terapi yang masih uji coba ini akan dikembangkan kran penguapan dengan menyesuikan tinggi badan pengguna secara otomatis. Biaya produksi alat terapi yang mencapai Rp2,5 juta ini dikerjakan selama tiga hari.

“Pernah ada yang bergejala, kemudian mencoba menggunakan alat ini selama satu hari penuh. Awalnya hilang indra penciuman. Kemudian setelah pakai alat ini, perlahan bisa pulih kembali,” beber dia.

Selain pembuatan alat terapi penguapan ini, Narko menyarankan agar masyarakat juga mengonsumsi ramuan rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan itu dari daun mint, jahe merah, kunyit, jinten hitam, kayu manis dan jeruk lemon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *