Kapasitas 1.000 Bed, RSLT Tangani OTG dan Pasien Gejala Ringan

Kapasitas 1.000 Bed, RSLT Tangani OTG dan Pasien Gejala Ringan

Surabaya, warajatim.com – Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT), Kedung Cowek, telah beroperasi, Kamis (8/7/2021). Pada tahap awal, rumah sakit darurat ini akan diisi 150 pasien terkonifrmasi positif COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita mengungkapkan ada beberapa kriteria pasien yang bisa dirawat di RSLT. Pertama pasien tanpa gejala, kedua pasien dengan gejala ringan. Sementara yang bergejala sedang dan berat akan dirawat di rumah sakit rujukan. Seperti RSUD dr Soewandhie Surabaya.

“Yang ke sini adalah yang OTG dan ringan. (Gejala) berat di RSUD Soewandhie. Dan Soewandhie yang gejala ringan di oper ke sini (RSLT),” ujarnya.

Ratusan pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang tiba pada tahap awal, nantinya akan ditempatkan di Gedung D RSLT terlebih dahulu. Gedung ini terletak di lantai satu sisi selatan. Sekadar diketahui, untuk jumlah total ruangan di RSLT ada lima.

“Jadi ada lima ruangan, terdiri dari A, B, C, D dan E. Untuk tenaga kesehatan sementara ada sekitar lebih 150-an, dari rekrutmen baru,” kata dia.

Fenny menyebut, jika RSLT dimaksimalkan kapasitas bisa mencapai 1.000 tempat tidur (bed). Namun untuk tahap awal disediakan 400 bed dulu. Selain itu, RSLT juga dilengkapi dengan ruangan IGD, rawat inap, radiologi, farmasi hingga laboratorium.

Lebih lanjut mengenai mekanismenya, pasien tidak bisa langsung datang ke RSLT menggunakan ambulans. Mereka harus melalui mekanisme rujukan dari puskesmas. Hal ini diterapkan untuk mempermudah petugas melakukan tracing atau pelacakan kontak erat.

“Supaya kita tidak tertinggal untuk tracing. Yang membawa ke sini puskesmas. Jadi kalau warga langsung datang pakai ambulans ke sini tidak bisa,” terangnya.

Pasien, sambung dia, juga harus menyiapkan sejumlah dokumen sebelum masuk RSLT. Yakni, membawa KTP, KK serta hasil PCR positif baik dari puskesmas ataupun laboratorium lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *