Kala Senja Bondowoso, Destinasi Wisata Baru Kolaborasi Sampoerna dan Dinas PMD Jatim

Bondowoso, warajatim.com – Spot foto ‘Kala Senja’ telah menjadi ikon baru Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso. Ikon ini diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas PMD, Mohammad Yasin, Kepala Divisi hubungan regional dan keberlanjutan PT HM Sampoerna Kukuh Dwi Kristianto, Yayasan Rumah kita Sidoarjo Andrianus Muran, dan Kepala Desa Sukosari Kidul Tolak Abdul Aziz.

Penambahan Produk Baru berupa kawasan kuliner dan spot foto ini adalah kolaborasi Dinas PMD, H.M. Sampoerna, dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo. Dengan adanya produk wisata tersebut akan kembali menggeliatkan pariwisata dan ekonomi warga di Tirta Agung.

Dalam sambutannya Yasin mengungkapkan bahwa dalam pendampingan desa wisata yang memerlukan konsentrasi serius adalah pemberdayaan dan keberlanjutannya.

“Alhamdulillah, Bunda Gubernur mengarahkan dan memberikan perhatian kepada Desa Sukosari Kidul karena untuk mengembangkan desa wisata dibutuhkan pemberdayaan yang berkelanjutan dan itu tidaklah mudah,” Ungkap Yasin (29/5).

Lebih lanjut Yasin berharap bantuan yang sudah diberikan oleh Pemerintah Provinsi tidak hanya menguntungkan desa tetapi juga seluruh masyarakat desa.

“Saya berharap bantuan ini tidak hanya menguntungkan Desa tapi juga menguntungkan seluruh warga masyarakat desa. Untuk itu harus terua ada inovasi berkelanjutan untuk terus mengembangkan produk wisata Tirta Agung,” Harap Yasin.

Kepala Divisi Hubungan Regional dan Keberlanjutan PT HM Sampoerna, Kukuh Dwi Kristianto menyatakan, pihaknya bangga menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Jawa Timur dan nasional melalui pengembangan Desa Wisata berbasis BUM Desa.

“Sejak dua tahun lalu Sampoerna bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kami bangga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Jawa Timur dalam pemulihan ekonomi nasional melalui program klinik bumdes, terutama dalan masa pandemi ini,” Ungkap Kukuh

Lebih lanjut Kukuh berharap dengan adanya Produk Wisata baru berupa spot foto dan kawasan kuliner dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Sukosari Kidul.

“Semoga apa yang sudah diupayakan dengan kerjasama yang baik ini dari pemerintah provinsi Jawa Timur, perusahaan, unsur komunitas dan juga Yayasan Rumah kita Sidoarjo bisa bermanfaat dengan sebaik-baiknya oleh warga Desa Sukosari Kidul yang mengelola Desa Wisata Tirta Agung,” Tutup Kukuh

Launching Produk wisata baru ‘Kala Senja’ ini adalah akhir dari masa dampingan yang dilakukan oleh Klinik BUM Desa Jawa Timur. “Produk wisata baru ini merupakan rancangan bersama antara Klinik BUM Desa dan pengelola Desa Wisata Tirta Agung,” Ungkap Rian

Dampingan yang sudah berjalan selama lima bulan diisi dengan Pelatihan, Proses Implementasi Dampingan, serta Penyaluran Bantuan Produk Wisata Baru.

“Kami berharap dengan proses dampingan selama lima bulan serta adanya produk wisata berupa spot foto dan kawasan kuliner menjadi daya ungkit Desa Sukosari Kidul dalam membangkitkan ekonomi melalui pariwisata,” Pungkas Eks Tenaga Ahli Mensos masa Khofifah Indar Parawansa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *