Ada Jalur Afirmasi Untuk Anak Nakes Masuk Sekolah Favorit

Ponorogo, warajatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo sebentar lagi akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD dan SMP. Tahun ini, Pemkab Ponorogo kembali mempriotaskan anak dari tenaga kesehatan (nakes) yang menangani covid19 masuk sekolah favorit.

Kabid Pembinaan SD, Imam Muchlissin mengatakan bahwa semua ada beberapa jalur untuk PPDB. Ada jalur zonasi, ada jalur afirmasi (tidak mampu) dan ada jalur pemindahan orang tua.

Khusus untuk afirmasi, kata dia, Pemkab Ponorogo mengalokasikan 15 persen. Dimana 7 persen diprioritaskan untuk jalur anak nakes yang menangani covid19.

“Untuk afirmasi itu special untuk nakes covid 19 dengan alokasi 7 persen. Namun hanya untuk sekolah tertentu saja,” kata Imam.

Menurutnya 7 persen itu memang naik 2 persen dari tahun lalu. Dimana jalur afirmasi untuk tahun lalu hanya dialokasikan sekitar 5 persen.

“Ini inisiatif dari Pak Giri (bupati Ponorogo). Nanti muncul pada perbup,” urai Imam saat dikonfirmasi.

Dia mengaku bahwa untuk afirmasi anak nakes covid itu hanya diberlakukan sekolah tertentu. Hanya sekolah-sekolah favorit saja. Sebut saja SDN Mangkujayan 1, SDN Bangunsari 3, SDN Bangunsari 1, SDN Balong 1 dan SDN Sumoroto 1.

“Ini juga nanti berlaku untuk PPDB SMP. Tetapi saya ndak hapal ya SMP mana yang memberlakukan afirmasi anak nakes. Saya cuma tahu SMPN 1 Ponorogo dan SMPN 2 Ponorogo, ” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *