Gempa, Rumah Berusia 50 Tahun di Ponorogo Roboh

Gempa, Rumah Berusia 50 Tahun di Ponorogo Roboh

Ponorogo, warajatim.com – Satu rumah di Ponorogo milik Hadi Purnomo (36) roboh. Ini disebabkan gempa yang berpusat di Kabupaten Malang, dirasakan hingga Ponorogo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono menyebutkan gempa di Kabupaten Malang juga menimbulkan kerusakan di Ponorogo. Rumah di Jalan Gadung Melati, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

“Iya rumah milik Hadi Purnomo. Tadi roboh setelah gempa, ” ujarnya, Sabtu (10/4/2021) sore.

Dia mengatakan jika rumah roboh selain karena gempa juga termakan usia. Menurut informasi yang dia dapat, rumah berusia 50 tahun lebih.

“Rumah tergolong tua sebagian tembok pakai tanah bukan semen termasuk teegolong bangunan lama, ” kata mantan Kasubag Humas Pemkab Ponorogo ini.

Beruntung, kata dia, tidak ada korban jiwa. Pasalnya saat gempa, Hadi bersama istri dan 2 anaknya langsung keluar rumah.

“Saat ini juga Tim BPBD, Polsek Siman, Koramil Siman dan warga sekitar GOTONG royong membantu membersihkan puing-puing. Kerugian Rp 25 juta, ” bebernya.

Sementara, dia menyebut bahwa gempa jika dilihat jenis dan Mekanisme Gempabumi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, ” pungkasnya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *