Hilangkan Kesan Seram, Kuburan di Ponorogo Dicat Warna Warni

Hilangkan Kesan Seram, Kuburan di Ponorogo Dicat Warna Warni

Ponorogo, warajatim.com – Kuburan di Desa Karangjoho, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo jauh dari kata seram. Pasalnya kuburan itu, tampil beda.

Kuburan itu menarik, karena batu nisan dicat warna warni. Selelain itu lingkungan sekitar kuburan tampak bersih dan rapi. Total ada dua komplek kuburan yang dicat.

Peramgkat Desa Karangjoho, Diki Mardiansyah mengatakan bahwa itu awalnya hanya spontanitas. Pasalnya sesuai dengan arahan pak bupati melalui surat pak camat untuk mencanangkan desa indah dan elok.

“Saya cuma mengarahkan untuk kerjabakti. Melakukan bersih lingkungan. Kerjabakti itu mulai pagi sampai malam, ” ujar Diki di lokasi, Kamis (18/3/2021).

Saat malam, kata dia, para pemuda mencetuskan ide untuk mengecat makam. Mereka beralasan bahwa banyak batu nisan yang sudah kusam.

“Akhirnya dicat supaya kelihatan bersih. Itu tujuan awalnya. Eh malah ada yang update di Facebook,” jelas Diki.

Dia mengaku, ada beberapa batu nisan yang sudah rusak. Akhirnya ahli waris dihubungi untuk membenahi. “Setelah diperbaiki baru dicat oleh pemuda,” imbuh Diki.

Menurutnya, pembersihan hingga selesai pengecatan, membutuhkan waktu selama dua minggu. Karena lokasi kuburan berada di sebelah sungai otomatis banyak tanaman liar serta rumpun bambu yang tumbuh.

“Akhirnya kita membersihkan rumpun bambu sama tumbuhan liar, kemudian dicat,” tandas Diki.

Disinggung soal adakah protes warga terkait pengecatan pemakaman, menurut Diki belum ada yang protes. Justru masyarakat setempat mendukung.

“Selama ini belum ada yang protes, semua mendukung,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *