Munggah Molo, Tanda Pembangunan Struktur Sudah Selesai

Munggah molo

Ponorogo, Warajatim.com – Mimpi warga Ponorogo mempunyai pasar baru nan megah sebentar lagi terwujud. Bagaimana tidak, proses pekerjaan pembangunan struktur Pasar Legi sudah selesai.

Pembangunan struktur Pasar Legi selesai ditandai dengan Munggah Molo atau pasang kuda-kuda. “Dengan naiknya molo ini struktur sudah selesai 100 persen, ” ujar Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Rabu (5/8/2020).

Ipong mengaku munggah molo meresmikan berdirinya sebuah bangunan perlu d proses. Sebagai simbol rasa syukur kepada tuhan YME.

Dia menjelaskan memilih tanggal 5 agustus 2020 ini tepat wukunya wuku tolu, wuku tolu ini namanya wahyu dadi, jam 6-8 itu artinya banyak rejeki, jam 9-10artinya Wibowo, 10-12 ini artinya guyub rukun.

Munggah molo

“Sehingga saya pilih acara mulai jam enam, dimulai dengan khataman alquran, dilanjutkan menyiram molo, memasang paku dan menaikkannya,” katanya.

Dia menyebutkan dengan adanya munggau molo menandakan bahwa atap dalam waktu dekat akan naik. Pembangunan lanjutan pasar legi dibagian dalam bisa berjalan lebih cepat.

“Tinggal penyempurnaan interior eksterior, mechanical engineering. Menggembirakan sekali ternyata adhi persada gedung balai wilayah sarana pemukiman dan cipta karya jatim bekerja Optimal dan maksimal, ” ujarnya.

Menurutnya walaupun belum 100 persen jadi, namun bangunan sudah kelihatan kalau bangunannya itu halus dan bagus dan kokoh. “Bangunan ini Insya Allah akan awet, ini konsep green building, ” jelasnya.

Dia berpesan kepada pedagang sebagian besar berjualan di Pasar relokasi, bersabar. Karena 6-7 bulan lagi pasar Legi yang tahapan segera beroperasi.

Nantinya, pedagang harus melakukan kebiasaan baru. Bukan karena covid 19. Tetapi karena pasar ini sudah jadi modern.

“perilakunya harus bersih, harus lebih baik lagi, menyesuaikan dengan adaptasi baru dg pasar modern. Kaidah bersih dan sehat, ” tegasnya.

Sementara Project Manager PT Adhi Persada Gedung (APG), Agung Dwi Mulyana menjelaskan bahwa pembangunan pasar legi mencapai 30 persen. “Untuk struktur paling lambat tanggal 20 agustus akan selesaikan semua, ” tegasnya.

Dia menjelaskan jika struktur sudah selesai, atap terpasang. Saat ini tinggal melakukan pekerjaan arsitek dan mechanical electrical.

“Seluruh pekerjaan fisik kita akan selesaikan desember 2020, pekerjaan mechanical electrical di januari-Februari. Semua selesai di februari 2021,” terangnya.

Dia mengaku selama ini tidak ada kendala. Untuk kendala terbesar karena covid. Dia menjelasjan kesulitan untuk logistik kaitannya dengan pengadaan-pengadaan barang dan tenaga kerja.

Untuk sekedar diketahui untuk Pasar Legi dengan luas lahan 32170 m2. Untuk luas bangunan 32605 m2 dan tinggi bangunan 25 meter.

Gedung parkir nya ada 2 lantai dengan luas masing-masing lantai 4500 m2 dan lantai 3 750 m2 untuk lahan parkir dan masjid 500 jamaah. Nanti terhubung jembatan ke gedung pasar.

Sementara di Gedung pasar
Lt 1 6300 m2 sayur, ikan, daging, toko, bank
Lt 2 6300 m2 gerabah, sembako, buah
Lt 3 6300 m2 elektro, sepatu, kain
Lt 4 6300 m2 pakaian, foodcourt

2 elevator
6 eskalator
2480 unit lapak dan kios

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *