New Normal di Kabupaten Ponorogo Resmi Diterapkan

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni
Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni

Ponorogo, Warajatim.com – New normal atau tatanan kehidupan baru di Kabupaten Ponorogo resmi diterapkan, Jumat (3/7/2020). Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menandainya dengan subuh berjamaah, ziarah makam di wisata religi ki Ageng Muhammad Besari di Masjid Tegalsari, Kecamatan Jetis.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni
Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni

“Hari ini saya canangkan new normal untuk di Kabupaten Ponorogo. Saya awali subuh berjamaah, wisata religi dan lanjut gowes, ” ujar Bupati Ipong, sesaat setelah pecanangan new normal.

Dia mengatakan new normal perdana dicanangkan di dua sektor. Yakni sektor peribadatan dan sektor wisata religi.

“Untuk kegiatan ibadah di masjid, musala, gereja sudah bisa menyelenggarakannya dengan normal tapi dengan cara new normal, ” jelasnya.

Menurutnya 3 bulan lalu, dia menerbitkan surat yang berisi bahwa masjid di pinggir jalan untuk sementara tidak mengadakan shalat jumat. Saat itu tingkat kerawanan tinggi sekali.

“Maka dengan diterapkannya new normal mulai hari ini, larangan tersebut dicabut. Jadi sudah boleh lagi, ” urainya.

Namun, dalam pelaksanaan new normal ini harus menerapkan protokol kesehatan. Dengan sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

“Saya juga membuat surat keputusan di setiap tempat ibadah hanya boleh diisi 60 persen dari kapasitas tempatnya. Juga di tempat ibadah juga ditunjuk satu orang untuk dijadikan Aatgas Covid 19,” tambahnya.

Dia berapaan untuk tempat ibadah dijadikan pertama karena masyarakat sudah melaksanakan. Pemerintah hanya memformalkan/ memayungi agar terarah, faktanya mereka menerapkan setiap hari.

Menurutnya jika ampu hijau dari Gugus pusat, penerapan New Normal secara keseluruhan. Misal Ponorogo new normal keseluruhan itu perlu persetujuan dari Gugus tugas pusat.

Tetapi sesuai arahan presiden saat vicon, kepala daerah boleh menetapkan new normal pada sektor-sektor yang dianggap penting. Yang dianggap kepala daerah tdk membahayakan dan bertahap.

“Dan saya menganggap sektor peribadatan dan wisata religi itu penting. Makanya ini perdana kami terapkan. Nanti menyusul lainnya, ” terangnya.

Dia mengaku penerapan New Normal ini bisa dicabut. Apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dalam pelaksanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *