Warung Suasana Kampung Bermenu Masakan Jaman Old di Ponorogo

Ponorogo Warajatim.com – Jika biasanya rumah makan atau warung di Kabupaten Ponorogo berlomba berinovasi menyajikan menu ala-ala luar negeri. Tidak untuk Rumah Makan Kembar Jowo.

Rumah makan yang berada Jalan Parang Baris, Desa Patihan Wetan, Kecamatan Babadan itu malah menyajikan masakan tempo dulu. Pun konsep rumah makannya juga jaman old.

Ketika masuk ke rumah makan Kembar Jowo kita disuguhi kursi jaman dulu. Ada barang-barang kuno, sebut saja jam finding, biola dan lain-lain.

Untuk menu makannya, pemilik menyediakan berbagai masakan sayuran khas dulu. Ada sayur jantung pisang yang disajikan dengan santan. Juga sayur daun kelor.

“Kita menerapkan masakan nenek kita dulu. Karena sekarang ini kawula muda lupa dengan masakan nenek kita dulu, ” ujar pemilik Kembar Jowo, Saidah Ahmad, Sabtu (3/10/2020).

Inspiasinya, kata dia, banyak rumah makan yang menyajikan masakan western (barat). Sehingga masakan jaman dulu mulai dilupakan oleh kawula muda.

“Jadi kami menyediakan menu itu. seperti sayur terong, jantung pisang, daun kelor, tempe. Juga ada berbagai sambal, seperti seperti sambel kluwak, terasi, korek hingga sambel gerih, ” jelasnya.

Sementara pendamping sayur, dia menyebut ada telur goreng. “Juga yang paling sitimrwa adalah ayam kremesan laos, ” bebernya.

Menurutnya, masakan jaman old itu bisa didapatkan dengan harga Rp 9900. Sedangkan lauk seperti tempe, tahu hanya Rp 900. Lauk lainnya mencapai Rp 12.600.

“Kalau bosan dengan nasi putih, kami menyediakan nasi tiwul. Itu kan kadar karbohidratnya juga rendah, ” bebernya.

Di sisi lain, untuk menu miuman, Saidah mengaku menyediakan es susu tape dan wedang rempah. “Itu yang paling khas. Kalau lainnya es teh, kopi dan lain-lain juga ada, ” urainya

Dia mengaku untuk rumah makan Kembar Jowo buka mulai pukul 09.00 win Sampai 23.00 wib. Hanya saja untuk masakan old hanya Sampai pukul 15.00 wib.

“Setelah nya kami menu angkringan. Terap berkonsep old, ” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *